Kali ini saya mencoba menerjemahkan secara simple perbedaan antara kendaraan berbasis Karburator dengan Injection. Untuk menciptakan gerak piston yang ujung2nya menggerakkan roda, diperlukan pembakaran dalam mesin. Pembakaran ini membutuhkan suplai bahan bakar yg bercampur udara lantas diledakkan alias dibakar melalui bantuan busi.
Pada proses pencampuran antara bahan bakar dengan udara ini lah terdapat perbedaannya. Untuk kendaraan sistem karburator, proses pencampuran terjadi di karburator itu sendiri baru di masukkan ke ruang bakar mesin sedangkan pada sistem injection, proses pencampuran terjadi langsung di ruang bakar.
Seiring dengan kemajuan tehnologi dan tuntutan pemakaian bahan bakar yang irit, maka diciptakanlah sistem injection yang dapat mengatur suplai bensin serta udara yang tepat dengan bantuan chip komputer yg telah diprogram. Alhasil, mesin injection bisa dikatakan jauh lebih irit dari mesin karburator karena tidak ada bahan bakar yg terbuang percuma (% lebih besar).
11 comments:
salam sahabat
ehm perbedaan sebenarnya tidak begitu jauh berbeda yach,jadi tahu makasih n saya dah follow thanxs n good luck
saya tidak begitu paham soal mesin, tapi info ini cukup berharga buat saya.
sistem injeksi ini katanya sering bermasalah ta kawand.
benarkah demikian
org engineering nih kayaknya... mesin... :D
btw sy dah FOLLOW ats nama WONG..ngantian ya.. ;)
Blog walking,...wah mumet mas ngebayarngin injection sama karburator,...tahunya masukin kunci kontak, starter..., terus mancal gas,...wuuuusss
@Tomo: Hehe.. saat ini pada kendaraan roda 4, yang beredar di indonesia hampir tidak ada produksi baru yang menggunakan karburator ..
@tomo: tambahan, jika ada orang yang mengatakan sering bermasalah sebenarnya bukan masalah sistemnya, tapi mungkin banyak mekanik yang belum menguasainya, sehingga munculah image sistem injeksi banyak masalah, karena emang mekaniknya belum menguasai.. saran saya, kendaraan di cek rutin (servis) ke bengkel RESMI.
@andi wong: terimakasih juga om, segera akan saya follow back. btw saya orang marketing otomotif, bukan engineering hehe..
owh,, gitu tow... guwe dapet ilmu anyar nie.. thanx
makasih infomya gan...!!!
hmmmmmm....
tp manja yahhh mtor nyaa,,,,
emg sh iriiit....
tp kta nya klau injeksi nya rusak gk bisa di boring truz hruz di gantii....
truuzzz hargaa nya mhaaal....
Posting Komentar
Terimakasih telah berkunjung,saya sangat menghargai apabila anda berkomentar mengenai tulisan ini.
Setiap komentar akan langsung tampil, tetapi jika ada komentar yang terindikasi "spamming", mohon maaf akan saya hapus.